Albert Hutabarat | 30 Oct 19:09 2008
Picon

Penduduk Asli Benua Amerika

Menjawab Pertanyaan:

PENDUDUK ASLI BENUA AMERIKA

(voaindonesia-BPcYKkkunOhBDgjK7y7TUQ@public.gmane.org)

 

Saya hendak menanyakan penduduk asli benua Amerika yang disebut orang Indian. Berapa jumlah mereka di benua Amerika, dimana daerah tempat tinggal mereka ? Apa bahasa mereka? Bagaimana bentuk tubuh, dan warna kulit yang bisa membedakan mereka dengan bangsa lain?  Darimana mereka berasal? Apakah mereka bercampur dengan keturunan bangsa lain, apa agama mereka? Benarkah mereka sudah hampir punah, dan mengapa bisa demikian? Dan adakah diantara mereka yang duduk di pemerintahan? 
 
Baiklah,
Di Amerika Utara yang meliputi Amerik a Serikat dan Kanada jumlah orang Indian memang sedikit sekali, hanya sekitar 2 juta jiwa. Tetapi tidaklah berarti  mereka hampir punah. Sebagian penduduk di negara-negara benua Amerika bagian tengah dan selatan yang lazim disebut Amerika Latin adalah keturunan Indian.  Menurut taksiran jumlah mereka meliputi 23
juta jiwa. Selain itu, di Amerika Latin percampuran darah Indian dan kulitputih sudah berlangsung  ratusan tahun. Keturunan campuran ini yang disebut  mestis kini merupakan mayoritas penduduk negara-negara Am erika Tengah seperti Honduras, Nikaragua dan El Salvador.  

 

Di Amerika Selatan, negara-negara yang mayoritas penduduknya campuran Indian dan pendatang adalah:  Venezuela, Colombia, Ecuador, Peru dan Bolivia.
 
Hampir semua ahli sama berpendapat, bangsa Indian berasal dari Asia.  Mereka diduga datang sekitar 20 ribu hingga 35 ribu tahun yang lalu, mungkin dengan perahu atau melalui tanah genting yang menghubungkan Siberia dengan Alaska.  Tanah genting itu kemudian tenggelam karena naiknya permukaan airlaut dan kini menjadi Selat Bering. 

 
Dugaan ini dilandaskan pada kenyataan bahwa tidak pernah ditemukan fosil cikal-bakal manusia  purba di benua Amerika, padahal fosil-fosil yang ditemukan di tempat lain menunjukkan bukti kuat terjadinya evolusi dari primata ke manusia. Dugaan ini diperkuat oleh kenyataan bahwa bangsa Indian termasuk ras Mongoloid dengan ciri-ciri rambut hitam lurus, kulit coklat kemerah-merahan, mata hitam, tubuh tidak banyak berbulu, tulang pipi menonjol, dan wajah pada umumnya lebar.  Namun bentuk hidung dan perawakan tubuh suku-suku Indian bervariasi antara satu suku dan suku yang lain. 

Di Amerika Tengah dan Selatan kegiatan penginjilan merupakan salahsatu tujuan utama para pendatang Spanyol dan Portugis ratusan tahun yang lalu.   Sebab itu tidak mengherankan jika sebagian besar keturunan Indian dan campuran di kedua wilayah
ini memeluk agama Katholik atau Kristen lainnya.  Tetapi sebagian penduduk asli Indian yang hidup terpencil masih menganut animisme. 

 
Bahasa orang Indian berbeda-beda antara satu sub-suku dengan sub-suku yang lain. Di Amerika Serikat saja misalnya, terdapat sekitar 400 bahasa Indian  yang digunakan sekitar 500 suku dan sub-suku. Jadi mirip keragaman bahasa suku-suku di Kepulauan
Indonesia. Suku yang satu tidak memahami bahasa yang dipakai suku lainnya. 

Peranan keturunan Indian di pemerintahan sudah tentu lebih besar di negara-negara yang  mayoritas penduduknya Indian atau campuran Indian. 

 
Di Amerika Serikat, di wilayah-wilayah khusus yang 
diperuntukkan bagi suku-suku Indian yang disebut wilayah reservasi, orang Indian  menjalankan pemerintahan sendiri. Para kepala suku dan para anggota majelis suku yang dipilih secara demokratis mewakili suku dalam perundingan menyangkut air, manajemen tanah, dan soal-soal lain dengan pemerintah federal, negarabagian dan lokal. Mereka juga memiliki sistem peradilan sendiri. Pemerintah federal Amerika Serikat melalui Biro Urusan Indian hanya memberi bantuan di bidang pendid ikan, perawatan kesehatan, pembangunan perumahan, pembinaan badan usaha dsb-nya. 

Albert Hutabarat


__._,_.___

Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Gmane