From: Akhmad Bukhari Saleh <absaleh-AognTR6Re/Oez0ei9/+7zw <at> public.gmane.org>
Subject: Jam Cina JaDoel
Newsgroups: gmane.culture.region.china.budaya-tionghua
Date: Thursday 30th August 2007 16:45:43 UTC (over 9 years ago)
Di milis cersil ada yang tanya, kalau di kisah-kisah cersil disebut
kentongan kesatu, kentongan kedua, dst., itu sebetulnya jam berapa sih?

Saya jawab bahwa sepanjang tahu saya, kentongan kesatu adalah jam
"soet-sie", yaitu waktu antara jam 19.00 s/d 21.00 (jam 7 s/d 9 malam).

Selanjutnya, saya sebutkan bahwa nama-nama waktu-waktu Cina
jaman doeloe adalah:
- hay-sie (jam 21.00 s/d 23.00 malam)
- tjhoe-sie (jam 23.00 s/d 01.00 tengah malam)
- thioe-sie (jam 01.00 s/d 03.00 dinihari)
- in-sie (jam 03.00 s/d 05.00 subuh)
- bauw-sie (jam 05.00 s/d 07.00 fajar)
- sin-sie (jam 07.00 s/d 09.00 pagi)
- sie-sie (jam 09.00 s/d 11.00 pagi)
- ngo-sie (jam 11.00 s/d 13.00 tengah hari)
- bie-sie (jam 13.00 s/d 15.00 siang)
- sien-sie (jam 15.00 s/d 17.00 sore)
- yoe-sie (jam 17.00 s/d 19.00 magrib)

Kemudian, saya jelaskan pula bahwa kentongan adalah bunyi
gembreng yang dibawa bersama dengan tangloleng oleh para
tjhungteng ketika berkeliling meronda.
Dan pada ronda malam, mereka hanya membunyikan kentongan
tiga kali, yaitu yang pertama pada magrib (soet-sie) ketika mulai
meronda, lalu yang kedua pada tengah malam (tjhoe-sie), dan ketiga
waktu subuh (in-sie) ketika mengakhiri ronda.

Mohon koreksinya dari liatwie looheng di milis ini, yang lebih tahu
tentang aspek waktu dalam budaya tionghoa jadoel, barangkali saja
info yang saya punyai di atas ini salah.

Juga mohon penjelasan, kenapa nama-nama waktu di atas itu hanya
ada untuk tiap 2 jam sekali?
Apakah satuan waktu cina jadoel itu memang berbeda dengan
satuan jam, menit dan detik yang umum dipakai sekarang ini
(termasuk di Tiongkok juga)?

Wasalam.

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.

:.